Kemegahan Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau

Posted in Minggu, 11 Maret 2012
by Widana Mujer Amnte

imageJembatan Barelang (singkatan dari BATAM, REMPANG, dan GALANG) adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. Pembangunan jembatan ini menelan biaya lebih dari Rp 400 miliar. Sebenarnya yang dimaksud dengan Jembatan Barelang itu adalah enam buah jembatan yang menghubungkan tiga pulau besar dan beberapa pulau kecil yang termasuk dalam provinsi Kepulauan Riau. Keenam buah Jembatan Barelang tersebut terdiri dari:
  1. Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
  2. Jembatan Nara Singa (jembatan II)
  3. Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
  4. Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
  5. Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
  6. Jembatan Raja Kecik (jembatan VI).
Keenam jembatan ini sangat dikenal karena nilai sejarah dari pulau yang dihubungkannya. Di Pulau Galang ini pernah dijadikan tempat penampungan sedikitnya 250.000 pengungsi dari Vietnam pada tahun 1975-1996. Bekas tempat pengungsian yang berada di Desa Sijantung, Kecamatan Galang ini masih menyisakan benda-benda atau bangunan-bangunan peninggalan para pengungsi. Peninggalan yang kaya dengan nilai sejarah ini, tidak ada yang mau melewatkannya dan telah membuat takjub banyak orang. Semua benar-benar ada dan nyata di sini.

Jembatan Barelang sangat dikenal terutama untuk penduduk tempatan dan turis lokal atau turis mancanegara. Mungkin sudah ada puluhan atau ratusan informasi tentang Batam dengan Jembatan Barelangnya. Bahkan Pemerintah Kota Batam menjadikan Jembatan Barelang sebagai simbol kota dan juga ikon untuk program Visit Batam 2010. Lokasi Jembatan Barelang terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. 

Berikut ini beberapa foto Jembatan Tengku Fisabilillah yang merupakan icon dari seluruh Jembatan Barelang yang diambil dari forum SkyscraperCity.com:
Jembatan Tengku FisabilillahJembatan Tengku FisabilillahJembatan Tengku FisabilillahJembatan Tengku Fisabilillah
Jembatan Tengku FisabilillahJembatan Tengku Fisabilillah
Jembatan Tengku FisabilillahJembatan Tengku Fisabilillah

Foto Jembatan Barelang yang lain diantaranya:
Jembatan Tuanku Tambusai Menghubungkan Pulau Setoko dan Pulau RempangJembatan Narasinga Menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah
Jembatan Sultan Zainal Abidin Menghubungkan Pulau Setoko dan Pulau RempangJembatan Raja Ali Haji Menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah


Berikuti ini Peta Satelit Jembatan Barelang:
Lihat Jembatan Barelang Batam di peta yang lebih besar