Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Jawa Timur

Posted in Selasa, 06 Maret 2012
by Widana Mujer Amnte

Gelora_Bung_TomoStadion Gelora Bung Tomo, yang di forum SSCI sering disebut dengan (GBT) merupakan sebuah stadion serbaguna yang terletak di Benowo, Surabaya Barat. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Keseluruhan kompleks olahraga sedang dibangun. Stadion ini akan digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November. Stadion ini dapat menampung 50.000 penonton, disekitar stadion akan dibangun kompleks olaraga terlengkap di Indonesia saat ini yang sudah dibangun di kompleks Stadion Gelora Bung Tomo adalah GOR yang berkapasitas 10.000 penonton dan merupakan GOR terbesar kedua di Indonesia setelah GOR ISTORA Senayan.

Stadion Gelora Bung Tomo memiliki 21 pintu masuk di sekeliling stadion. Masing-masing pintu memiliki dua akses menuju ke tribun. Banyaknya akses itu, dirancang agar gerak penonton bisa lebih leluasa dan nyaman, pintu masuk dibuat berkelok-kelok seperti ular agar penonton tertib saat memasuki stadiun serta melewati sebuah ruangan khusus yang menjadi tempat “screening” atau tempat pemeriksaan barang bawaan. Didalam stadion, Khusus untuk kelas standart bisa menempati kursi yang terbuat dari beton. Meski begitu, penonton tetap dibuat nyaman. Sebab, setiap “tangga” duduk penonton dirancang selebar 80 cm. Dengan demikian, penonton bisa duduk enak karena alas duduknya lebar.

Stadion Gelora Bung Tomo juga menyediakan tempat yang khusus menjual makanan dan minuman. Lokasinya berada di lantai satu. Penonton bisa leluasa mengakses lantai satu dan tribun selama pertandingan. Lain halnya dengan penonton kelas VIP dan VVIP. Untuk kedua kelas itu, Stadion Gelora Bung Tomo menyediakan fasilitas plus. Tiket kelas VIP dijual khusus bisa beli di lokasi maupun dengan cara online. Di sana penonton kelas ini disediakan tempat duduk menggunakan kursi sejenis sofa yang empuk. Kursi tersebut menghadap langsung ke arah lapangan.

Kapasitas kelas VIP terbatas, hanya 4.370 tiket. View-nya bakal istimewa karena berada di lantai 4-7. Untuk VIP disediakan toilet khusus yang tidak tercampur dengan penonton kelas standar. Lain lagi penonton kelas VVIP. Penonton diberi pelayanan seperti di hotel. Kelas istimewa itu disediakan khusus untuk tamu-tamu penting seperti pejabat negara atau yang lain. Penonton kelas VVIP ditempatkan di ruangan khusus yang terpisah dari penonton lainnya. Untuk kelas tersebut, hanya tersedia delapan ruangan kapasitas masing-masing ruangan beragam bergantung kepada tipenya. Ada yang superior, ada pula yang standar secara keseluruhan kelas VVIP hanya menampung 130 penonton.

Semoga dengan adanya stadion Gelora Bung Tomo persepakbolaan negara di Indonesia khususnya di Jawa Timur semakin maju. Berikut ini adalah galeri foto Stadion Gelora Bung Tomo Tang diambil dari forum SkyscraperCity.com.

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung TomoStadion Gelora Bung Tomo

Berikut ini Peta Satelit Stadion Gelora Bung Tomo:
Lihat Stadion Gelora Bung Tomo di peta yang lebih besar