Kemegahan Jembatan Pasupati Bandung

Posted in Minggu, 03 Juni 2012
by Tttt

Jembatan Pasupati by Bayu HarsaJembatan Pasupati atau yang sering disebut dengan Jalan Layang Pasupati adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya 2,8 km dan lebarnya 30-60 m. Pembangunan jembatan ini dibiayai melalu hibah dana dari pemerintah Kuwait. Setelah sempat beberapa tahun tidak terlaksana, akhirnya pada tanggal 26 Juni 2005 uji coba pertama sudah dilakukan. Jembatan ini akan menjadi salah satu markah tanah Kota Bandung.

Jembatan ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur (Dr. Djundjunan) dan Jalan Surapati, dan dari sinilah nama Pasupati berasal. Dengan adanya jembatan ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan di Bandung Utara. Jalan Layang Pasupati juga menjadi salah satu ikon Kota Bandung. Jalan layang ini membuat arus lalu lintas dari wilayah sekitar Jabodetabek ke Bandung menjadi lebih mudah.

Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat rencananya akan memperluas ruang terbuka hijau (RTH) di sekitar Pasupati karena saat ini, terutama di area kolong jalan banyak penduduk yang sengaja mendirikan bangunan non-permanen untuk dijadikan warung-warung kopi. Selain itu, banyak orang yang memarkirkan kendaraannya di kolong jalan layang Pasupati tanpa izin. Jembatan layang Pasupati sendiri berdiri di wilayah permukiman padat penduduk sehingga kemacetan dan kesemrawutan sudah menjadi hal yang biasa terjadi di sini.

Konstruksi Jembatan Pasupati Bandung mengadopsi model cable-stayed, yaitu model jembatan yang mengandalkan kawat-kawat baja yang digantungkan dari satu atau beberapa tiang utama. Konstruksi ini, selain memberikan nilai estetika, dianggap menjadi solusi kompromi untuk meminimalkan pembebasan lahan di pemukiman padat di bawah jembatan. konstruksi cable-stayed, yang digunakan juga pada jembatan The Millau Viaduct di France yang merupakan jembatan tertinggi di dunia. Dan berikut ini adalah foto-foto Jembatan Pasupati yang diambil dari penelusuran google silahkan di klik fotonya untuk mengetahui sumber aslinya.

Jembatan Pasupati by Bayu Harsa Jembatan Pasupati by Bayu Harsa
Jembatan Pasupati di Saat Malam Hari (sumber: http://maspiping.wordpress.com) Jembatan Pasupati di Saat Malam Hari by Myke Jeanneta
Jembatan Pasupati di Saat Malam Hariby kickdavid.com Jembatan Pasupati di Saat Malam Hari by Kaskus
Jembatan Pasupati by http://mykitchenandme.com Jembatan Pasupati by Yudha P Sunandar

 

Berikut ini adalah Peta Satelit Jembatan Pasupati:

Lihat Jembatan Pasupati di peta yang lebih besar

Ref: wikipedia.org