Bangunan Luar Biasa di Indonesia

Posted in Sabtu, 24 Desember 2011
by Widana Mujer Amnte

Pemandangan gedung-gedung pencakar langit tentunya sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Jakarta, namun ternyata kota-kota di luar Jakarta juga mempunyai banyak bangunan tinggi seperti ini. Yang lebih spesial lagi, mereka bukanlah gedung-gedung perkantoran. Ingin tahu bangunan mana yang merupakan bangunan termegah di Indonesia? Simak daftar berikut:

1.

watugong Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, rumah ibadah untuk umat Buddha yang berlokasi di Semarang ini diresmikan pada tahun 2006 lalu. Bangunan ini dinobatkan sebagai pagoda termegah di Indonesia. Museum Rekor Indonesia (MURI) bahkan mencatatnya sebagai pagoda tertinggi (45 meter) di Indonesia. Tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah, pagoda ini juga ditetapkan sebagai salah satu objek wisata religius oleh pemerintah setempat. Hal unik mengenai pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong adalah patung-patung yang di area pagoda yang menghadap ke segala penjuru (empat arah) yang mengandung makna tersendiri bagi umat Buddha. Sebagian besar aksesori dan bahan bangunan untuk pagoda ini pun didatangkan khusus dari China.

2.

islamic-center-samarinda

Lain Semarang, lain pula Samarinda. Kompleks Masjid Islamic Centre yang terletak di Jl. Slamet Riyadi, Samarinda, disebut-sebut sebagai mesjid terbesar dan termegah tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh Asia Tenggara. Masjid dengan kubah utama dan ornamen-ornamen bernuansa keemasan ini terinspirasi oleh disain Masjid Nabawi di Madinah yang dipadukan dengan Masjid Agung di Turki. Sedikit gambaran untuk anda yang tidak bisa membayangkan besarnya bangunan ini, masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi, dengan luas bangunan penunjang 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid memiliki luas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi dan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi. Kompleks Islamic Center Samarinda yang dibangun di atas lahan sekitar 12 hektar dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas seperti rumah sakit, gedung sekolah TK dan SD, bahkan business center berupa hotel, kompleks perkantoran serta pertokoan.

3.

borobudur011280pz5  Jangan lupakan juga bangunan bersejarah yang sudah diakui hingga taraf internasional. Ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO, Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur diperkirakan didirikan oleh seorang raja dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga sekitar tahun 824 M. Pembangunan Borobudur sendiri kira-kira memakan waktu setengah abad. Dengan bentuk punden berundak, candi ini terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Struktur unik Borobudur merupakan perkembangan  dari bentuk arsitektur asli dari masa prasejarah Indonesia. Struktur ini memakai sistem interlock seperti balok-balok mainan yang bisa menempel tanpa perekat. Sejak pertama kali ditemukan, bangunan ini mengalami dua kali pemugaran. Yang pertama adalah pemugaran yang dimulai pada tahun 1973 dan berakhir pada tahun 1984. Kemudian perbaikan kembali dilakukan setelah terjadi serangan bom yang merusak beberapa stupa Candi Borobudur pada tahun 1985.

4.

2486428826_92c22029fd_o

Masih berkaitan dengan budaya, kali ini kita menengok ke warisan budaya Melayu yang bisa Anda temukan di gedung perpustakaan termegah di Indonesia, gedung Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau, atau lebih dikenal dengan nama Perpustakaan Soeman HS. Menurut kepala perpustakaan nasional sendiri, perpustakaan ini memang yang termegah di Indonesia, bahkan lebih megah daripada Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta. Kelebihan perpustakaan ini dibandingkan dengan perpustakaan lain di Indonesia adalah koleksi literatur seputar kebudayaan Melayu yang diklaim sebagai terlengkap di Indonesia.

5.

image

Riau boleh berbangga sebagai tuan rumah dari perpustakaan termegah di Indonesia, namun jika bangunan berikut ini selesai dibangun maka ia yang akan mengambil alih gelar tersebut dari perpustakaan Soeman HS. Gedung Perpustakaan Universitas Indonesia, yang mulai dibangun awal Juni lalu akan menjadi perpustakaan terbesar di dunia, dengan luas 2,5 hektar. Fasilitas tersebut dibangun di atas area seluas 2,5 hektar, sehingga akan menjadi salah satu perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia. Luas bangunan keseluruhan sekitar 30.000 m2 dan merupakan pengembangan dari perpustakaan pusat yang dibangun tahun 1986-1987. Pembangunan gedung delapan lantai ini ditargetkan selesai pada bulan Desember 2009. Bangunan ini didirikan dengan konsep sustainable building dan untuk kebutuhan energinya menggunakan sumber terbarukan (solar energy), selain itu di dalam gedung ini juga tidak diperkenankan menggunakan plastik. Perpustakaan Pusat UI tersebut akan dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau diperkirakan akan menampung pengunjung sekitar 20.000 orang per hari, menampung sejumlah 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, silent-room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya, serta dilengkapi sistem ICT mutakhir.

6.

6309010850_1a3f39114a_b

Melengkapi daftar kita adalah bangunan lain yang juga belum selesai dibangun namun sudah banyak dikenal namanya. Stadion Nasional Pekanbaru akan mulai dibangun pada tahun 2009 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Sebagai calon tuan rumah untuk kesebelasan PSPS Pekanbaru, bangunan ini dapat menampung hingga 40.000 penonton. Dengan arsitektur modern yang dibangun di atas lahan seluas 80 hektar, stadion ini diharapkan menjadi stadion terbesar dan termegah di Indonesia. Stadion ini juga dipersiapkan untuk rencana Indonesia menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Negara-negara Islam pada tahun 2013.

Penasaran dengan bangunan-bangunan di atas? Anda bisa mengunjunginya jika sewaktu-waktu bertandang ke lokasi-lokasi tersebut di atas. Semoga gedung lain yang masih dalam tahap pembangunan juga dapat segera diselesaikan agar kita dapat melihat dan menikmati karya-karya arsitektur Indonesia yang membanggakan.

 

Sumber: www.solusibangunanmu.com